Tidak Puas Jadi Tokoh Pendukung, 12 Karakter Anime Ini Pantas Punya Spin-Off!

Yang membuat sebuah anime sukses tentu tidak hanya karakter utamanya, melainkan juga tokoh pendukungnya! Kadang berupa sang saingan, kadang berupa sang bijak, karakter anime yang mengambil peran suportif sudah pasti ada banyak macamnya! Tak jarang hal tersebut juga terjadi di dalam anime-anime populer yang kita semua tahu. Tokoh anime seperti ini umumnya memiliki fans yang […]

1539511200000

Yang membuat sebuah anime sukses tentu tidak hanya karakter utamanya, melainkan juga tokoh pendukungnya! Kadang berupa sang saingan, kadang berupa sang bijak, karakter anime yang mengambil peran suportif sudah pasti ada banyak macamnya!

Tak jarang hal tersebut juga terjadi di dalam anime-anime populer yang kita semua tahu. Tokoh anime seperti ini umumnya memiliki fans yang tidak kalah banyak, atau malah melampaui sang tokoh utama!

Nah, siapakah tokoh-tokoh yang belum dapat jatah, tapi pantas mendapatkan adaptasi serial terpisah dari seri utamanya ini? Temukan selengkapnya di sini!

1

Roronoa Zoro, One Piece

Sudah lama One Piece berjalan dan sudah lama juga Luffy berkelana bersama Zoro, tapi sampai saat ini Zoro belum mendapatkan serialnya sendiri. Apakah karena Oda Eiichiro terlalu sibuk mengerjakan dunia utama One Piece maka ia tidak sempat mengerjakan serial lain?

Ada pula Sanji dan teman-teman lainnya yang juga layak mendapatkan serial spin-off sendiri, tapi tidak ada yang lebih layak daripada tokoh yang menorehkan namanya sebagai awak kapal paling pertama komplotan bajak laut Topi Jerami ini!

2

Sasuke Uchiha, Naruto

karakter di anime punya masa lalu kelam

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Sasuke belum mendapatkan serial sendiri, meskipun nyaris paruh awal dari Naruto lebih cocok diganti judulnya menjadi Sasuke! Kepala keluarga Uchiha generasi terbaru ini memiliki petualangan yang sama menariknya dengan sang Hokage Ketujuh!

Sepak terjangnya hanya digambarkan sekilas sebagai Sasuke Hiden alih-alih mendapatkan adaptasi serial sendiri. Malah, anaknya Naruto sudah lebih dahulu mendapatkan jatah serialnya sendiri melalui Boruto: Naruto Next Generations!

3

Kojiro Hyuga, Kapten Tsubasa

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Ketimbang Taro Misaki, Kojiro Hyuga adalah tokoh anime yang pantas mendapatkan serial spin-off-nya sendiri! Dari semua sisi, Kojiro Hyuga lebih terlihat sebagai tokoh yang memiliki pendirian yang berseberangan dengan Tsubasa, dan hal itu tentu juga tidak kalah menarik untuk diteliti!

Kojiro Hyuga juga memberikan kisah from zero to hero yang lebih dramatis dengan latar belakangnya sebagai seorang pemain sepakbola yang memulai karirnya dari kelas pekerja! Belum lagi permainan yang berpusat padanya sebagai algojo gawang dan tendangan yang brutal!

4

Konohamaru Sarutobi, Boruto

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Dengan mengambil penilaian berbeda dengan seri Naruto, tentunya sah kalau Konohamaru jadi sosok yang harus memiliki serialnya sendiri dan tidak hanya diposisikan sebagai guru Boruto! Bahkan, Konohamaru saja lebih Naruto dibandingkan anak sang Hokage Ketujuh sendiri!

Tahun-tahun yang hilang dari Konohamaru berlatih dan menjadi seorang Jonin hebat ini tentu layak dibahas dalam sebuah serial tersendiri. Meskipun masa kecilnya seringkali muncul dalam wujud episode spesial, Konohamaru juga jelas memiliki momen-momen seru yang terjadi di luar goresan pena Kishimoto!

5

Rickert, Berserk

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Rickert adalah salah satu tokoh anime paling berani yang pernah hidup. Tidak sekalipun Guts mampu membalaskan dendamnya hingga saat ini, tapi Rickert adalah manusia biasa yang hidup di dunia fantasi yang diselimuti kegelapan, dan mampu bertahan hidup dalam segala bencana! Apalagi kalau musuh tersebut adalah makhluk-makhluk yang selangkah lebih dekat ke dewa!

Wajar rasanya kalau tidak hanya kehidupan Guts yang disorot, tapi juga Rickert dalam wujud serial spin-off Berserk, meskipun rilisan Berserk sendiri juga lama minta ampun. Masalahnya, Rickert adalah orang paling pertama yang sukses menampar Griffith, memberikan ceramah, dan melangkah pergi tanpa masalah!

6

Vegeta, Dragon Ball

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Yang Mulia Pangeran Vegeta adalah tokoh yang menjadi panutan berbagai macam tokoh rival di dunia anime, dan ia belum kunjung mendapatkan serial spin-off yang sepantasnya ia dapatkan! Apakah ada keraguan besar di dalam potensi tokoh yang satu ini?

Vegeta berkali-kali bertarung menghadapi, maupun bersama-sama Son Goku. Hal ini tentu semestinya bukan menjadi nilai minus di antara tokoh lainnya, tapi justru sebuah tanda bahwa ia layak mendapatkan serial anime miliknya sendiri!

Tapi tentunya, saat ini Toriyama jauh lebih tertarik untuk melanjutkan saga Dragon Ball Super-nya! Apalagi dengan kepopuleran Broly!

7

Kaworu Nagisa, Neon Genesis Evangelion

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Tokoh anime yang satu ini tentu malah jauh lebih populer dari Shinji di beberapa kalangan fans Evangelion. Jelas sosok Angel terakhir sebelum pembantaian manusia tersebut dimulai ini memiliki kepribadian yang unik dan tangguh untuk menjadi tokoh utama!

Tidak hanya sebagai tokoh sudut pandang semata, setiap gerak-gerik Kaworu dalam menghampiri Shinji terlalu terencana dengan baik, dan bukan rahasia rasanya kalau Kaworu selalu melihati kisah traumatis Shinji dari kejauhan!

8

Seto Kaiba, Yu-Gi-Oh!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Seto Kaiba adalah kasus luar biasa di mana justru karakter anime pendukungnya jauh lebih terkenal daripada tokoh utamanya! Tapi apakah dia bisa menang menghadapi Yugi dalam permainan kartu dan kekuatan persahabatan? Masih belum juga!

Kaiba sudah membangun sekolah, sudah membangun kota demi permainan kartu tersebut, tapi masih belum ada apresiasi dari serial tersebut untuk membuat serial spin-off dari petualangannya sebagai pemain kartu yang hebat  dan kepala Kaiba Corp.!

9

Rakun/Araiguma, Kemono Friends

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Rakun yang lucu dan menggemaskan ini juga menyaingi sang tokoh utama dan Serval dalam ranah kepopuleran di dalam Kemono Friends. Karakter anime yang satu ini bahkan memiliki petualangannya sendiri bersama Fennec yang hanya dijatah selama kurang dari lima menit!

Rakun adalah tokoh yang ceroboh, tapi punya semangat besar untuk menjelajahi dunia. Di dalam taman Japari, barangkali Araiguma alias Rakun mendapatkan adaptasi petualangannya sendiri walaupun tampaknya hal tersebut tidak mungkin terwujud!

10

Sanosuke Sagara (Rurouni Kenshin)

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Sanosuke Sagara adalah petarung yang unik di tengah-tengah dunia samurai yang unik pula. Meskipun ia tidak memiliki kemampuan sehebat Hitokiri Battosai alias Kenshin Himura, Sanosuke adalah seorang petarung ulung yang mampu menyaingi para prajurit bersenjata hanya dengan tangan kosong!

Sanosuke pun punya konflik diri yang berbeda dengan Kenshin kalau dipikir-pikir lagi. Apalagi dengan latar belakangnya sebagai mantan pemberontak pasukan Sekiho dan seorang pengembara. Sudah pasti ia punya cerita yang tidak kalah banyaknya dengan cerita Kenshin!

11

Robert E. O. Speedwagon (Jojo's Bizarre Adventure)

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Robert Edward O. Speedwagon tidak punya kekuatan Hamon maupun pengalaman bertarung berarti, ia bertanggung jawab sebagai sumber dari kepopuleran serial pertama Jojo dan kelangsungan keluarga Joestars sampai ke kisah keenamnya!

Apa hubungannya? Dari seri kedua ke atas, Yayasan Speedwagon seharusnya mendapatkan serialnya sendiri sebagai pendana utama keluarga Joestar dalam memerangi ancaman Dio Brando dan pengikut-pengikutnya, malah ia pun juga berpengaruh dalam Steel Ball Run!

12

Touta Matsuda, Death Note

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Sebagai karakter anime yang paling serba biasa di sepanjang saga Death Note, tapi justru menjadi tokoh yang menyarangkan peluru pistolnya ke tubuh Light Yagami di episode terakhir tentu membuat Matsuda layak memiliki momennya sendiri sebagai seorang polisi dalam kasus sehari-hari!


CONTINUE READING BELOW

Merinding! Inilah 18 Karakter Anime Paling Menyeramkan!

Tidak hanya dari musuh, kadang tokoh utama serial tersebut juga sama seramnya dengan sang lawan! Siapa sajakah karakter anime paling menyeramkan tersebut?


Tidak berhenti sampai di situ, Matsuda Touta juga memiliki perkembangan karakter yang paling jelas selain dari para tokoh utama seiring waktu sampai pada klimaks Death Note yang menegangkan tersebut. Dengan berakhirnya legenda Light Yagami, L, dan Near, rasanya Matsuda jauh lebih cocok menjadi tokoh utama serialnya sendiri!

Nah, menurut kamu apakah karakter anime favoritmu pantas untuk mendapatkan adaptasi sendiri gara-gara jauh lebih populer dari sang tokoh utama? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.