Pembahasan Boruto Episode 77: Akhir Pertarungan Lawan Garaga!

Boruto episode 77 memperlihatkan akhir pertarungan melawan Garaga! Bagaimana Boruto bisa mengalahkan ular yang sangat kuat ini?

1539492828000

Di akhir Boruto episode 76, Garaga menunjukkan kemampuannya membatukan makhluk hidup dengan membuat Chocho menjadi patung.

Lalu ada juga misteri Yurito, shinobi yang tingkah lakunya sangat aneh, dan tampaknya berniat jahat.

Bagaimana kelanjutannya? Simak di pembahasan Boruto episode 77 ini!

1

Terjawabnya Misteri Yurito

boruto episode 77 - udon yurito

sumber: crunchyroll.com

Penulis tidak menduga kalau Tim 5 akan berjasa di Boruto episode 77 ini.

Tim 7, seperti biasa, adalah penggerak masalah. Tim 10 tak terduga ikut serta bersama Tim 7. Namun Tim 5 ditinggal semuanya di desa.

Lalu justru mereka yang bisa menghentikan Yurito.


CONTINUE READING BELOW

Mengulas Opening Boruto Terbaru! Monster Apa yang Mereka Lawan?

Opening Boruto 4 menghadirkan sesuatu yang baru dan layak untuk diulas, mulai dari monster es, sampai bayi siapa itu? Simak ulasannya di sini!


Moegi dan Sakura ternyata diam-diam sudah mencurigai Yurito, hingga Moegi menggunakan jutsu pengubah wujud untuk menyamarkan dirinya. Saat Yurito hendak membunuh si penjaga gerbang, Moegi pun langsung berubah dan menghentikannya.

Yurito sempat lolos dari Sakura dan Moegi, namun dia apes bertemu dengan Udon, yang dengan penciuman dan kecerdasannya mampu membaca tipuan Yurito.

Denki lalu menggunakan bom sinar untuk lolos dari sekapan Yurito, sementara kedua rekannya mencoba mendesak shinobi itu.

Udon lalu dengan cepat menyadari ada yang tidak beres. Dia lalu bergerak cepat dan menggunakan Kai. Ternyata terungkap kalau Yurito sendiri berada dalam pengaruh genjutsu!

boruto episode 77 - udon yurito bomb

sumber: crunchyroll.com

Sayangnya, shinobi yang tidak tahu apa-apa ini justru jadi korban ketika salah satu orang yang diikuti Mitsuki memutuskan untuk meledakkan Yurito. Tampaknya Udon dan tiga shinobi mudanya gagal menghentikan peledakan itu.

2

Masa Lalu Garaga

boruto episode 77 garaga

sumber: crunchyroll.com

Boruto dan kawan-kawan menyadari kalau Garaga, seperti ular, merasakan panas tubuh untuk menghadapi lawannya.

Berbekal pengetahuan itu, gabungan Tim 7 dan Tim 10 pun mampu mendesak Garaga meski mereka tak lagi dibantu Aoda.

Lalu terjadi sesuatu yang mengejutkan: saat Boruto hendak mencuri Gekirin Garaga, ia justru melihat masa lalu sang ular dan masuk ke dalam alam pikiran Garaga!

Ternyata Garaga dulu sekali pernah menjalin kontrak dengan seorang shinobi. Namun shinobi itu mengkhianatinya, hingga mata Garaga rusak karenanya.

Setelah itu, Garaga pun membenci manusia.

3

Garaga Jadi Kuchiyose Boruto?!

boruto episode 77 - boruto garaga

sumber: crunchyroll.com

Wah, pembaca manga Boruto bisa kaget juga nih.

Di manga sih tidak ada tanda-tanda kalau Boruto memiliki Kuchiyose. Ia tidak memanggilnya dalam kondisi darurat, terutama saat Kashin Koji sudah muncul untuk menyerang Tim 7.

Ternyata, di versi anime Boruto berhasil meyakinkan Garaga menjadi Kuchiyose-nya!

Boruto sendiri masih mempertaruhkan nyawanya. Kalau Boruto gagal untuk membawa kembali Mitsuki, atau Mitsuki ternyata beneran mengkhianati Boruto, maka Boruto pasti mati.

Antara Mitsuki membunuhnya, atau Garaga yang akan memangsa Boruto.

Penyebab kenapa di versi manga Garaga tidak membantu juga terlihat sih. Garaga dengan spesifik mengatakan ia hanya akan membantu sampai Boruto selesai membawa pulang Mitsuki.

Saat konflik Kara di manga, Mitsuki sudah kembali bersama Tim 7. (Walau memang di manga juga Mitsuki tidak memiliki masalah seperti ini sih).

4

Mitsuki Berusaha Membantu Penjaga Gerbang

sumber: crunchyroll.com

Sejak awal, penulis melihat kemungkinan kalau Mitsuki mencoba membantu penjaga gerbang dengan menyerang mereka.

Para penjaga ini jadi tidak mati beneran, hanya koma saja.

Namun ternyata bukan hanya petir saja yang dilakukan oleh Mitsuki. Mitsuki lalu menggunakan ularnya untuk menghentikan sementara jantung si penjaga gerbang, supaya dia benar-benar dikonfirmasi mati oleh orang-orang misterius yang Mitsuki ikuti.

Jadi, Mitsuki sudah bertekad untuk mengikuti sosok-sosok misterius ini. Namun dia tetap tidak ingin membunuh para shinobi Konoha.

Sebenarnya apa mau Mitsuki? Bikin penasaran juga ya.

5

Tujuan Selanjutnya: Negara Tanah

sumber: crunchyroll.com

Pada akhirnya, setelah capek-capek berjuang melawan Garaga, Hakuja Sennin hanya dapat mengungkap kalau Mitsuki diajak untuk pergi ke Negara Tanah.

Boruto pun memutuskan untuk lanjut melakukan perjalanan lintas negara hanya demi mendapatkan kembali Mitsuki.

Tentu saja, Negara Tanah juga adalah tempatnya Iwagakure.

Onoki dulu yang pertama membuat Mitsuki meragukan kekuatan tekadnya. Melihat lokasi yang ingin dikunjungi Mitsuki, Onoki tampaknya bisa berperan lagi untuk membantu Mitsuki menemukan batu fondasinya.


Itulah kejadian-kejadian menarik dari Boruto episode 77.

Gimana menurut kamu episode ini? Akankah Garaga permanen jadi Kuchiyose Boruto, ataukah dia akan pergi setelah ini?

Selain itu, memangnya bisakah Mitsuki dibawa pulang? Apa sebenarnya motivasi Mitsuki mengikuti para ninja misterius?

Kalau kamu punya teori sendiri, sampaikan pendapatmu di kolom komentar!

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.