15 Fakta Muhammad Ali, Petinju yang Hebat dan Jago Nge-gas!

Saking jagonya nge-gas, Muhammad Ali bahkan lebih hebat dari DC Universe dan bikin lagu murni isinya nge-gas!

1539576054000

Muhammad Ali adalah petinju terbaik sepanjang sejarah olahraga di dunia. Pengaruhnya yang sangat luas di seluruh dunia pun tidak bisa diabaikan! Namun, apakah kamu tahu fakta-fakta selain itu? Ini dia fakta-fakta Muhammad Ali yang mungkin kamu lewatkan!

1

Sombong Banget!

Muhammad Ali tidak hanya terkenal sebagai orang yang berbakat. Ia juga orang yang paling pede, dan jago nge-gas! Tidak hanya sebelum bertarung saja, tapi di tengah pertarungan pun celoteh-celoteh hinaan Ali adalah senjatanya untuk menjatuhkan mental lawan!

2

Menang Lawan George Foreman!

Sumber: factinate.com

Kemenangan Ali menghadapi jawara dunia yang tidak terkalahkan pada masanya itu, George Foreman, terjadi pada pertarungan mereka di Kinshasa pada pukul 4 pagi, sehingga orang-orang Amerika tetap dapat menontonnya dalam waktu prime time pertelevisian mereka!

3

Seorang Mualaf!

Sumber: Oddysey

Ali sebelumnya bernama Cassius Clay, namun setelah pengaruh Nation of Islam dan Malcolm X, ia berkomitmen untuk menjadi seorang muslim dan mengubah namanya menjadi Cassius X, sebelum diberi nama spiritual Muhammad Ali!

4

Sepedanya Dicolong!

Sumber: factinate.com

Awal mula masuknya Ali ke dunia tinju adalah ketika sepedanya dicuri waktu usianya masih 12 tahun. Saat ia melapor ke polisi, opsir polisi tersebut yang merupakan seorang pelatih tinju menyarankan Ali untuk mulai belajar bagaimana bertarung!

5

Pernah Bikin Lagu!

Sumber: coffeemagazine.co

Kumpulan ocehan Muhammad Ali yang luar biasa cocok menjadi bahan musik rap kemudian dirampungkan dalam satu album “I Am The Greatest” dengan band latar. Di satu sisi, ia juga pernah menjadi aktor teater musikal Broadway “Buck White” yang menuai pujian meskipun berusia singkat!

6

Sarung Tinju Mewah!

Sumber: factinate.com

Sarung tinju yang digunakan Ali untuk menumbangkan Sonny Liston di tahun 1965 dalam satu ronde dilelang dan laku dibeli seorang kolektor anonim dengan harga USD 965 juta!

7

Jual Nama!

Sumber: factinate.com

Di tahun 2005, Muhammad Ali menjual hak atas namanya sendiri kepada Robert Sillerman, kepala eksekutif CKX seharga USD 50 juta. Dari tahun 2000-an hingga 2005-an, nama Ali menghasilkan penjualan sebesar empat hingga tujuh juta Dollar Amerika per tahun berkat endorsing bersama perusahaan seperti Adidas dan EA!

8

Lawan di Ring, Sahabat di Luar Ring!

Sumber: factinate.com

Meskipun dalam pertarungan mereka baku hantam secara sengit, di luar ring George Foreman dan Ali justru adalah teman yang sangat akrab! Di tahun 2003 Foreman pernah berkata, “Ali adalah pria terhebat yang pernah kukenal.”

9

Menang Lawan Joe Frazier!

Sumber: culto.latercera.com

Joe Frazier pada masanya adalah petinju yang tidak pernah kalah pada masanya dan Ali adalah mantan juara yang tidak pernah kalah. Ia kehilangan titelnya pada saat  ia menolak bergabung dalam perang Vietnam. Pada saat itu Ali kalah sekali, tapi dua pertarungan kemudian dan sepanjang karirnya ia menang 2-1 atas Frazier!

10

Ahli Negosiasi!

Sumber: such.tv.pk

Ali pernah berangkat ke Irak untuk bertemu dengan Saddam Hussein di tahun 1990. Kedatangannya yang bertujuan membebaskan lima belas tahanan yang disekap di Irak membuahkan hasil yang sangat luar biasa mengingat lawan negosiasinya adalah Saddam Hussein. Apalagi ketika ia pulang dengan kelima belas tahanan tersebut!

11

Cedera Gara-gara Inoki!

Sumber: bloodyelbow.com

Mulanya Ali menerima tawaran pertarungannya menghadapi Inoki karena ia mengira bahwa pertarungan tersebut akan menjadi setting-an. Tapi ketika ia baru menyadari ini pertarungan MMA sungguhan, kakinya nyaris diamputasi akibat menerima tendangan Inoki berkali-kali ke kakinya!

12

Kekalahannya dibalas Mike Tyson!

Sumber: sportsprimus.ba

Kekalahannya menghadapi Larry Holmes ditonton oleh Mike Tyson. Dan sosok sangar itu menghubungi Ali dan berjanji ia akan tumbuh dan mewakilinya mengalahkan Holmes. Tujuh tahun kemudian, janjinya ditagih Ali dan di ronde keempat, Larry Holmes tumbang!

13

Menang Lawan Superman!

Sumber: Dokumentasi duniaku.net

Muhammad Ali pernah diadaptasi ke dalam komik Superman sebagai dirinya sendiri. Dan ketika ia menjadi dirinya sendiri, apakah ia akan mengalahkan Superman? Sudah jelas jawabannya benar. Kenapa bisa? Sudah pasti karena ia adalah sang Ali!


CONTINUE READING BELOW

Jangan Ditiru! Ini 8 Tips Menjadi Genji Takiya yang Bikin Kamu Nggak Bener!

Mau jadi Genji Takiya? Mau jadi jagoan satu sekolah? Mau bertemu dengan Serizawa idaman? Jangan ke mana-mana! Ikuti tips nyeleneh menjadi Genji Takiya ini!


14

Kepergian yang Berdampak Besar!

Sumber: ABC News

Sang legenda meninggalkan dampak yang besar sebagai seorang legenda dunia tinju. Bahkan dalam pemakamannya Ali didatangi oleh ribuan orang. Salah satu di antara mereka adalah Raja Abdullah dari Yordania, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton, sampai Will Smith yang pernah memerankan dirinya di film Ali!

15

Anaknya pun Sehebat Ayahnya!

Sumber: Reuters

Laila Ali, anak perempuan sang legenda tinju ini juga menorehkan rekor bertarung yang legendaris hingga tahun 2007. Rekornya? Menjadi petinju yang tidak terkalahkan selama 24 kali!

Apakah masih ada lagi bukti lain dari kehebatan Muhammad Ali? Bagikan fakta dan pendapatmu di kolom komentar!

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.