7 Game yang Dulunya Dibenci, Tapi Kini Disukai Banyak Orang!

Dulu dibenci, terutama oleh banyak orang tua, namun sekarang banyak yang suka (meskipun sebagian besar orang tua juga tidak suka sih), ada game apa saja?

1539684014000

Industri games memiliki fleksibilitas yang cukup tinggi. Banyak perubahan yang bisa terjadi dalam waktu yang sangat dekat, oleh sebab itu kepekaan para developer dalam membuat game wajib diperhatikan. Bahkan fleksibilitas di industri games juga menyasar pada selera dari gamer itu sendiri.

Di zaman dulu, ada beberapa video game yang luar biasa kontroversi sehingga akhirnya game tersebut tak disukai, bahkan cenderung dibenci. Tapi seiring dengan perkembangan zaman dan banyaknya perubahan di industri game, game yang dibenci itu malah menjadi game yang disukai. Perubahan yang ada mendorong juga perubahan selera dari masing-masing gamer di dalamnya.


CONTINUE READING BELOW

3 Aktris yang Bakal Tampil di Reboot Charlie Angels

Sudah ketahuan nih aktris yang bakal tampil di reboot Charlie Angels siapa saja. Tentunya ketiga aktris ini tak kalah dengan versi aslinya!


Duniaku.net kali ini sangat tertarik untuk membahas mengenai game yang jadi disukai padahal dulu game tersebut merupakan sebuah game yang dibenci. Mungkin tanpa basa-basi lagi, langsung saja yuk kita bahas mengenai tujuh game yang jadi disukai, cekidot.

1

Mortal Kombat

sumber: dokumentasi duniaku.net

Mortal Kombat adalah game yang jadi disukai pertama dalam artikel ini. Dulu, ketika badan rating belum ada, Mortal Kombat langsung menjadi perbincangan karena menampilkan banyak hal berbeda dari video games pada umumnya di zaman dulu. Ketika game diplot sebagai permainan anak-anak, Mortal Kombat kemudian diciptakan dengan konten yang sadis.

Stigma video games untuk anak-anak pun berubah seketika saat itu. Banyak yang protes dan benci dengan Mortal Kombat hingga akhirnya dibuatlah badan rating untuk mengelompokkan video games ke dalam kolom-kolom tertentu. Tapi kemudian seiring dengan perkembangan zaman, Mortal Kombat yang konsisten masuk ke dalam kategori mature (17+) berubah menjadi game yang digilai orang-orang.

Pertarungan masif dengan segudang konten keren membuat game ini menjadi game wajib para pencinta genre fighting. Padahal dulu game ini mendapatkan banyak cacian karena kesadisannya. Sekarang game ini masih sadis, tapi bedanya sekarang banyak yang suka.

2

DOOM

sumber: dokumentasi duniaku.net

Sama seperti Mortal KombatDOOM merupakan sebuah game yang banyak ditentang di zaman dulu. Ia memang tampil revolusioner sebagai game FPS, apalagi game FPS masih sangat jarang di zaman dulu. Tapi, game ini menyajikan konten yang luar biasa gore dan sadis. Banyak potongan daging manusia berhancuran, percikan darah di depan layar, dan banyak hal sadis lainnya.

Di tahun 1993, orang bakal memastikan rumah mereka tidak ada orang sebelum memainkan game ini, karena bila tidak mereka bakal kena omel. Tapi saat ini Doom berubah menjadi game yang jadi disukai. Masih menyertakan banyak adegan kekerasan, Doom tetap kukuh dan laku dalam penjualan. Oiya, game ini juga masih diperuntukkan untuk 17 tahun ke atas ya.

Kalian yang masih kecil jangan coba-coba membelinya!

3

Death Race

sumber: dokumentasi duniaku.net

Video Games pada dasarnya dikembangkan dari sebuah ketiadaan. Game di tahun-tahun 70an dan 80an memang dibuat dengan sangat simpel, di tahun itu juga ada salah satu game kontroversi yang tidak disukai bernama Death Race. Game untuk arcade ini memang terlihat cukup simpel, tapi bagi orang-orang yang tahu, mereka tentu bakal sangat marah.

Game ini bakal membawa kalian untuk melindas manusia (gremllins) sebanyak mungkin. Nantinya setiap tabrakan bakal ditandai dengan logo batu nisan. Tapi pada akhirnya, game ini menjadi game yang biasa saja dan bisa keluar dari jerat kontroversi yang menghajarnya di awal-awal perilisan. Mungkin ada diantara kalian yang pernah memainkan game ini?

4

Grand Theft Auto

Rockstar

sumber: dokumentasi duniaku.net

Tahun 1997 merupakan awal hadirnya game Grand Theft Auto. Game ini diperkenalkan di era PlayStation 1 oleh Rockstar Games. Uniknya, sebagai game baru, game ini mengambil latar belakang yang tidak biasa yakni kalian bakal menjadi penjahat dan kemudian kalian bisa membunuh para pejalan kaki demi menyelesaikan misi. Dulu game ini dipandang sangat brutal karena kesadisannya.


CONTINUE READING BELOW

Kebetulan! Ini 7 Film yang Berhasil Karena Kesalahan Produksi

Kesalahan adalah sesuatu yang harus dihindari. Tapi yang namanya proyek pasti tidak bakal lepas dari bayang-bayang kesalahan. Beruntungnya, ada film yang berhasil karena kesalahan produksi! Masa sih?


Tapi kemudian kontroversi yang ada di game ini berakhir, karena pada akhirnya GTA dapat diterima. Selain ratingnya yang diperuntukkan untuk usia 17+, GTA selalu digarap dengan sangat serius oleh Rockstar. Tak heran bila GTA menjadi game yang jadi disukai oleh orang-orang sekarang ini. Tak percaya dengan hal itu? Sekarang ini GTA menjadi salah satu franchise yang paling menguntungkan sepanjang masa lho.

5

Chiller

Source: Youtube

Harus diakui, Chiller merupakan sebuah game penuh kontroversi ketika dirilis. Game ini banyak menyajikan aksi penyiksaan manusia bahkan hingga organ-organnya terpotong. Visualisasi Chiller untuk zaman dulu tergolong bagus dan tentu saja bakal membuat kalian merasa jijik. Game arcade yang satu ini pun dihantai badai kontroversi yang cukup keras kala itu.

Tapi saat ini, Chiller bukanlah game yang sama seperti zaman dulu. Alih-alih mendapatkan rating untuk orang dewasa, justru Chiller secara ajaib hanya dikategorikan untuk anak-anak remaja (teen). Saya sendiri merasa aneh, mungkin visualisasi Chiller yang sudah lawas dan ketinggalan zaman membuat game ini terkesan biasa-biasa saja sekarang. Tapi untuk ukuran konten, game ini masih tergolong sadis bahkan sama seperti halnya Mortal Kombat.

6

Carmageddon

sumber: dokumentasi duniaku.net

Mungkin harus diakui, Carmageddon adalah suksesor dari Death Race. Gameplay dari game ini memang sangat serupa yaitu kalian harus menabrak orang-orang yang berjalan dengan mobil kalian. Bedanya, Carmageddon memiliki visualisasi yang bagus sehingga memicu kontroversi yang lebih banyak. Banyak di banyak negara, game ini disensor habis-habisan karena memang luar biasa sadis.

Darah dan berbagai hal-hal mengerikan banyak tersaji sehingga selain disensor, game ini juga mendapatkan beberapa penolakan, salah satunya adalah di Brasil. Tapi meski mendapatkan penentangan di masa lalu, masih ada beberapa developer yang membuat game ini kembali. Ya, sama seperti beberapa game di atas, Carmageddon saat ini justru menjadi game yang biasa saja.

7

Hatred

Source: Hero Complex

Hatred menjadi game terakhir yang dianggap sebagai game yang tak disukai ketika rilis, tapi tiba-tiba berubah menjadi game yang bisa disukai siapapun. Di awal kemunculannya, game ini mengambil premis soal pembunuhan massal. Karena saking sadisnya, game ini sempat berat untuk dijual di Steam. Tapi sekarang-sekarang ini, Hatred secara mengejutkan sudah bisa kalian nikmati di Steam.


CONTINUE READING BELOW

Kejutan! RF Classic menghadirkan Fitur Battle Royale

Setelah setahun diluncurkan sebagai versi nostalgia dari RF Online, kini RF Classic menghadirkan fitur terbaru Battle Royale. Fitur Battle Royale ini akan dapat dinikmati para Patriot RF di server baru yang akan diluncurkan pada 31 Juli 2018.


Mungkin bagi yang ingin memainkannya bisa langsung membelinya, apalagi di game ini kalian bebas melakukan apapun untuk menyelesaikan permainan. Tapi kembali lagi saya peringatkan, game ini tidak cocok dimainkan oleh anak-anak di bawah umur guys.


Sepertinya itulah tujuh game yang tidak disukai dan penuh kontroversi tapi malah menjadi sebuah game yang jadi disukai. Perubahan selera itu tak lain dan tidak bukan terjadi karena perubahan cepat di industri game. Itulah yang membuat industri games menjadi sangat menarik tentunya.

Dunia games tidak bisa ditebak arahnya sehingga bisa membuat gamer mendapatkan kejutan seperti halnya game-game di atas memberikan kejutan.

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!