Lebih Kuat dari Rocky Balboa! Ini 15 Fakta Rocky Marciano!

Kalau Rocky Balboa itu My Hero Academia, Rocky Marciano itu One Punch Man!

1539864053000

Rocky ini, Rocky itu. Meski banyak yang kenal film Rocky si petinju babak belur versi Stallone, tapi Rocky di dunia nyata jauh lebih OP, lho! Penasaran dengan Rocky dunia nyata tersebut? Inilah fakta Rocky Marciano, sang jawara di dunia tinju beneran!

1

Dibilangin, Bukan Stallone!

Sumber: boxingnewsonline.com

Meskipun memiliki nama yang nyaris sama tapi hanya sebagian dari Rocky Balboa yang terinspirasi dari Rocky Marciano! Dengan adegan-adegan kekalahan tokoh yang diperankan oleh Stallone tersebut, jelas sekali ia adalah Rocky yang di-nerf abis!

2

Tidak Terkalahkan Seumur Hidup!

Sumber: boxingnewsonline.com

Dari awal karirnya sampai ia gantung sarung tinju pada umur 31 tahun, ia tidak pernah kalah sama sekali dan menyarungkan 49 kali menang! Lebih hebatnya lagi, 43 di antaranya menang KO!

3

Petinju Kulit Putih Tidak Terkalahkan di Kelasnya!

Sumber: sportsnewprime.com

Hingga saat ini, Rocky Marciano masih orang kulit putih yang memiliki rekam jejak karir tinju sefantastis ini di antara petinju-petinju Kaukasian lainnya. Tidak hanya itu, secara umum pun orang lain yang memiliki rekor sefantastis ini sepanjang karirnya barulah Muhammad Ali!

4

Meng-KO Idolanya Adalah yang Paling Menyakitkan!

Joe Louis adalah idolanya, tapi di masa ketika ia menantang sosok tersebut, Joe sudah jauh dari masa kejayaannya. Saking sedihnya, Rocky sempat menangis di loker Louis setelah menumbangkan sang idola di ronde kedelapan. Tapi di sisi lain, pertarungan itu juga yang mendefinisikan dirinya sebagai petinju kelas berat papan atas!

5

Justru Tinju Bukan Pilihan Utamanya!

Sumber: denofgeek.com

Di masa SMA-nya, Rocky sempat bermain sebagai seorang Linebacker untuk tim american football Brockton High dan jago dalam kelasnya. Akan tetapi impiannya semula justru bukan bermain olahraga tersebut, apalagi berpikir tentang tinju!

6

Main Baseball!

Sumber: finerartamerica

Justru impiannnya pada masa itu adalah untuk menjadi pemain bola bisbol profesional! Sayangnya karirnya tidak terwujud akibat Perang Dunia 2 yang terjadi pada tahun 1942.

7

Pekerjaan Lain Rocky Marciano!

Sumber: mirror.co.uk

Tokoh yang bernama asli Rocco Francis Marchegiano ini begitu niat untuk menjalani karir bisbolnya sampai membuatnya DO dari sekolah dan bekerja di pabrik sepatu. Ketika ia akhirnya ikut mengikuti wajib militer di tahun 1943 sampai 1946, di sanalah ia mengambil ketertarikan pada tinju dan mulai bertarung sebagai petinju amatir!

8

Raja KO!

Sumber: mmamicks.com

Seperti yang dikatakan di atas, hampir semua kemenangan Rocky berujung pada pukulan KO! Bahkan meskipun ia sempat ditekan para mafia untuk kalah, ia tetap meng-KO Don Cockell di tahun 1955!

9

Dagu Terkuat di Sejarah!

Sumber: rockymarciano.net

Selama karirnya, Rocky baru diketahui tumbang hanya dua kali dari semua pertarungan! Peristiwa jatuh itu pun tidak terjadi gara-gara terpukul dengan keras, melainkan justru karena kehilangan momentumnya saja!

10

Pernah Diremehkan!

Akibat memulai karir tinjunya dengan telat di usia 26 tahun, banyak yang meremehkan Rocky gara-gara langkah awalnya yang terlihat telat tersebut. Tentu, pukulan KO demi pukulan KO yang dilontarkan langsung membablaskan sindiran-sindiran tersebut jauh ditiup angin!

12

Menang Telak Lawan Jersey Joe!

Sumber: garret-cdn.com

Jersey Joe Walcott adalah pemegang gelar juara bertahan di tahun 1952, dan perebutan gelar juara tersebut yang mendefinisikan gaya bertarung Rocky yang terus menggempur dengan tekanan tinggi melalui tinju-tinju efektifnya sampai menang.  Bahkan di rematch-nya Joe tetap kalah!

13

Pukulan Mematikan!

Sumber: heavyweightcollectibles.com

Tahukah kamu seberapa kuat pukulan Rocky Marciano? Di tahun 1955, sekelompok peneliti militer menghitung kekuatan pukulan Rocky dan menyimpulkan bahwa pukulan Rocky sekuat peluru AP, yang didesain untuk menembus baju anti peluru sekalipun!

14

Karirnya Telat Dimulai, Lho!

Sumber: thefightcity.com

Dengan berbagai pekerjaan yang disebutkan tersebut, semuanya dilakukan sebelum ia terjun ke tinju, lho! Tidak hanya itu, ia sempat bekerja sebagai tukang gali dan pekerja rel sebelum ia ditarik untuk wajib militer!


CONTINUE READING BELOW

15 Fakta Muhammad Ali, Petinju yang Hebat dan Jago Nge-gas!

Tidak hanya sebagai legenda, barangkali ini justru 15 fakta Muhammad Ali yang belum kamu ketahui sampai saat ini, karena bakatnya tidak hanya tinju saja, lho!


15

Tidak Kalah dengan Tragedi!

Sumber: boxingmonthly.com

Kematian Rocky Marciano memang merupakan salah satu tragedi menyedihkan di sepanjang sejarah tinju, akan tetapi ia sudah pensiun saat menorehkan rekor tidak terkalahkan tersebut. Apakah ini dihitung sebagai mengalahkan bahkan maut sekalipun? Tentu saja!

Apa lagi fakta-fakta Rocky Marciano yang menginspirasi penggemar-penggemar tinju di sepanjang masa? Bagikan pendapatmu dan fakta tersembunyi lainnya di kolom komentar!

 

Share this article

TENTANG PENULIS
A. Daniel

Kadang dipanggil Nyasu, makin jarang dipanggil Adhitya maupun Daniel. Sulit menggunakan medsos lain selain Facebook. Penulis fiksi yang belum siap lahir batin kalau wattpad-nya kedatangan pembaca baru.